Minggu, 12 April 2009

HTML Basic I

Mengembangkan Blog dengan Sedikit HTML

Saya rasa kalau anda mau mengembangkan blog anda biar tampilannya agak keren sedikit anda bisa dengan mudah belajar sedikit html. Perhatikan pembelajaran saya hari ini mengenai penguasaan html secara basic saja dan anda nantinya bisa mengembangkannya dan mungkin lebih canggih dari saya karena saya menginginkan siswa saya harus lebih hebat dari saya karena emang kalau ingin membangun Indonesia kedepan lebih maju harus seperti ini !.

1. Basic program HTML !

Latihanku

Cobaanku yang pertama

Kalau anda amati setiap ada perintah <………> selalu diakhiri di sini anda sudah bisa menyimpulkan sendiri apapun anda ingin menuliskan disini selalu di awali dan harus di akhiri dengan / . Jika contoh program di atas anda coba jalankan di mozilla atau Internet Explorer maka yang muncul cuma tulisan “Cobaanku yang pertama” dan tulisan anda yang di bagian title yaitu “Latihanku” akan tampil di bagian atas dari Mozilla atau Internet Explorer yang anda jalankan.

Oh ya…….saya hampir lupa program html ini bisa anda tulis di “Notepad” yang ada di bagian di Accessories program komputer anda ! dan kalau mau menyimpan anda harus memakai tanda seperti ini di save contoh “coba1.html” lalu anda tekan “Save”

Untuk menjalankannya anda cukup jalankan mozilla atau intenet explorer dan anda klik “File” maka ada menu ke bawah dan anda klik “Open File” dan selanjutnya dengan browse anda cari file anda tadi yaitu “Coba1″ yang pasti bentuknya udah menyesuaikan mozilla atau Internet Explore yang anda gunakan.

Tadi itu hanya untuk mencoba saja tapi agak lain kalau kita menggunakan basic html itu di blog kita lihat langkah berikutnya

2. Memasukkan perintah HTML ke blog kita

Jadi kalau di blog kita, perintah perintah html kita akan berada di antara …………….

Tetapi perlu di ingat dan nya tidak kelihatan kalau anda klik bagian html akan kosong kalau anda belum menulis apapun di dalam postingan anda !

2.1. Membuat link di blog kita contoh :

Kita ingin membuat link dengan tulisan “Menuju WordPress.com” maka kalau tulisan ini nanti di klik akan menuju ke alamat wordpress.com

Menuju wordpress.com

Maka program ini kalau anda lihat di bagian visual atau tulisan akan muncul hanya tulisan “Menuju WordPress.com” saja dan perintah lainnya nggak bakal muncul karena semua itu bagian dari program html. Lihat tulisan di bawah ini !

Lihat listing program : "Selamat"

Coba sambil belajar anda nalar pakai logika anda basic program di atas untuk membuat link, saya yakin anda lebih baik paham sendiri dari pada saya terangkan karena contoh di atas membikin kita lebih berkreasi kedepan !

2.2. Memunculkan gambar di blog kita bukan melalui media tetapi dengan basic program html perhatikan contoh di bawah ini !

Kalau anda praktekkan maka di blog anda kalau anda beralih ke visual atau html akan muncul gambar berikut ini

2.3. Mempercantik blog dengan tambahan tabel dengan program html lihat contoh program html di bawah ini !











”

Download Mp3 Lirik Lagu Midi Gratis


”

Hollywood News Gossip


Dan kalau anda lihat hasilnya akan seperti tampilan di bawah ini !

Download Mp3 Lirik Lagu Midi Gratis

Hollywood News Gossip

Anda harus yakin bahwa saya bukan seorang programmer dan saya tidak terlalu pandai bahasa inggris tetapi disini yang harus anda pahami adalah logic atau penalaran kita cerdas dan baik !

NB :

Bahasa komputer apapun juga pada hakekatnya sama cuma yang membedakan adalah perintahnya doang kalau anda pingin bisa ikuti saja aturan mainnya program itu, betul nggak.

Ingin belajar Java, Visual Java, Visual Basic, Frontpage, Flash atau apapun sama karena tinggal kita memahaminya dengan penalaran yang cerdas serta inovatif thanks !

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More