Minggu, 12 April 2009

Step By Step Blogger

Langkah Langkah Membuat Blog di Blogger ( Step By Step Blogger Build)

Setelah anda berhasil membuat email di Google, anda klik bagian mozzila yang ada di sudut kanan atas yang gambarnya “-” untuk menaruhnya di toolbar bawah. Selanjutkan klik lagi Mozzila atau Internet Explorer anda dan di alamat atas tuliskan alamat “www.blogger.com” lalu tekan atau klik tanda panah atau bisa juga dengan tekan enter. Lihat gambar di bawah !

gbr1

Seperti bisa anda lihat, anda masih harus memasukkan lagi password email anda, ini demi kerahasian atau keamanan blog anda nantinya. Lalu anda bisa klik “ciptakan blog anda” maka anda akan masuk ke lembar berikutnya

gbr2

Selanjutnya anda akan di suruh mengisi nama tampilan blog anda, serta harus menerima persyaratan dari Google yang tidak boleh kamu langgar dan jika kamu melanggarnya blog kamu bisa di hapus oleh Google tanpa sepengetahuan anda. Setelah itu anda bisa klik “Lanjutkan” dan akan tampil lembar berikutnya seperti gambar di bawah ini !

gbr3

Pada lembar ini anda di suruh untuk mengisi Judul Blog anda misal “Rondo Royal Blog” dan selanjutnya anda disuruh mengisi nama blog anda misal “rondoroyal.wordpress.com”, alamat ini yang bisa langsung anda tulis di alamat Mozzila atau Internet Explorer dan bisa anda lihat hasil blog anda dan jika ingin memberi tahukan pada teman atau rekan anda maka alamat ini yang anda beritahukan. Setelah anda mengisi semuanya selanjutnya anda klik “Lanjutkan” dan anda akan mendapatkan tampilan gambar sepeti di bawah ini !

gbr4

Perhatikan disini anda bisa memilih model tampilan blog anda sesuaikan dengan selera anda masing-masing dan nantinya anda juga bisa mengganti-gantinya kalau anda sudah sangat menguasai. Klik salah satu tampilan yang anda sukai lalu klik “Lanjutkan” maka tampilan lembar berikutnya akan seperti gambar di bawah ini !

gbr5

Lihat komentar di atas bahwa blog anda sudah jadi dan anda sudah bisa mulai blogging atau posting atau entry blog yang semuannya itu mempunyai maksud anda sudah bisa menulis artikel anda di blog anda dan nantinya bisa dilihat dan di kunjungi oleh masyarakat seluruh dunia di dunia maya !. Klik “Mulai Blogging” maka akan tampil lembar berikutnya seperti gambar di bawah ini !

gbr61

Disini anda mulai sudah bisa mulai posting dan disini anda hanya perlu memperhatikan 3 hal yang sangat penting yaitu Judul, Isi dari postingan dan Label. Kalau anda ingin hasil postingan atau artikel anda sesuai dengan pencarian orang antara judul dan label harus sesuai maksudnya disini adalah misalkan judulnya Gita Cinta SMA label yang sesuai adalah cerita,cerita sma,pacaran,sma,anak sma dsb pokoknya disesuaikan aja dan pemisah label adalah dengan koma. Ingat waktu anda membuat artikel juga bisa menyertakan gambar atau media yang lain dengan jalan klik icon-icon yang ada di bagian postingan ini, kalau anda sudah yakin benar maka segeralah klik “Terbitkan” maka selanjutnya akan muncul lembar seperti di gambar ini !

gbr7

Perhatikan tampilan di atas bahwa untuk melihat tampilan postingan anda, klik aja “di jendela baru” karena jika anda klik lihat blog anda langsung meninggalkan editan atau postingan anda tadi untuk menuju ke alamat blog anda. Dan anda juga bisa latihan untuk menggunakan berbagai fasilitas yang di sediakan di blogger, jika anda lanjutkan perintahnya tadi akan muncul gambar seperti di bawah ini !

gbr8

Lha ini hasilnya kalau anda klik “di jendela baru” !

CATATAN :

Kalau setting misal pakai bahasa inggris pakai penalaran aja atau belajar bahasa inggris sedikit nggak usah pandai banget. Saya tekankan disini bahwa apapun yang ada di dunia maya ini adalah hasil penalaran atau logika manusia jadi anda juga bisa mempelajari sendiri dengan cepat dan juga kalau anda sudah menguasai sedikit html bisa anda coba edit melalui icon html.

Untuk membuat blog di lain tempat langkahnya sama saja yang semaunya itu mempunyai inti sebagai berikut !

1. Membuat member

2. Identitas diri

3. Email

4. Judul blog

5. Nama Blog

6. Model atau background blog

7. Posting atau entry blog

8. Terbitkan / publikasi

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More